cover
Contact Name
Niki Dian Permana P
Contact Email
niki.dian.permana@uin-suska.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jnsi.tadrisipa@uin-suska.ac.id
Editorial Address
Jl. H.R. Soebrantas KM 15,5, Tuah Madani, Tampan, Pekanbaru, Riau, Indonesia 28293
Location
Kab. kampar,
Riau
INDONESIA
Journal of Natural Science and Integration
ISSN : 26204967     EISSN : 26205092     DOI : -
Journal of Natural Science and Integration (JNSI) contains publications of research and review literature in the field of science learning such as chemistry learning, physics learning, biology learning, natural science learning and science integration as a form of intellectual property. It is affiliated with Asosiasi Dosen Tadris IPA Indonesia (ADRISPA).
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 1 (2020): JNSI" : 10 Documents clear
Penerapan Flipped Classroom dalam Konteks ESD untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif dan Membangun Sustainability Awareness Siswa Gabriela Clarisa; Agus Danawan; Muslim Muslim; Agus Fany Chandra Wijaya
Journal of Natural Science and Integration Vol 3, No 1 (2020): JNSI
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24014/jnsi.v3i1.8953

Abstract

Flipped Classroom merupakan model pembelajaran abad 21 yang memfasilitasi siswa mempelajari konten (belajar) di luar kelas atau di rumah secara mandiri, kemudian melakukan diskusi atau active learning di kelas. Education for Sustainable Development (ESD) merupakan suatu konteks atau isu-isu yang akan dijadikan masalah terkait model pembelajaran yang digunakan dan berkaitan dengan ESD yang dapat membangun Sustainability Awareness siswa. Penerapan Flipped Classroom dalam konteks ESD pada penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kognitif dan membangun Sustainability Awareness siswa. Penelitian ini menggunakan desain The one group pretest-posttest design. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan kognitif dalam bentuk soal pilihan ganda, angket Sustainability Awareness, dan lembar observasi keterlaksanaan Flipped Classroom dalam konteks ESD. Instrumen diberikan kepada 29 siswa di salah satu SMP Negeri di Kota Bandung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Flipped Classroom dalam konteks ESD dapat meningkatkan kemampuan kognitif siswa dan membangun Sustainability Awareness setelah kegiatan pembelajaran.
Analisis Miskonsepsi Siswa SD Kelas V Pada Konsep Sifat-sifat Cahaya Yenni Nurfiyani; M. Jaya Adi Putra; Neni Hermita
Journal of Natural Science and Integration Vol 3, No 1 (2020): JNSI
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (329.568 KB) | DOI: 10.24014/jnsi.v3i1.9303

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan mendeskripsikan miskonsepsi siswa sekolah dasar (SD). Seharusnya siswa tidak boleh memiliki konsep yang keliru karena dapat  mempengaruhi pemahamannya pada materi berikutnya. Metode pengumpulan data menggunakan tes berupa four tier test dan wawancara. Teknik pengambilan sampel melalui sampling jenuh yaitu  seluruh kelas V SD Negeri 37 Pekanbaru. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan analisis kuantitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa miskonsepsi siswa SD dapat dikategorikan “sedang” dengan rata-rata 53,57 % atau berjumlah 60 siswa dari 112 siswa. Miskonsepsi tertinggi pada sub indikator materi terkait sumber cahaya dengan miskonsepsi sebesar 68,75 % atau berjumlah 77 siswa dari 112 siswa. Miskonsepsi terendah yaitu sebesar 35,71 % atau sebanyak 40 siswa yaitu pada sub indikator cahaya dapat dibiaskan. Berdasarkan faktor gender, miskonsepsi siswa laki-laki dan perempuan dikategorikan sedang yaitu sebesar 53,57%  dan 55,36%. Hal ini menunjukkan  bahwa masih banyak siswa SD yang mengalami miskonsepsi pada materi sifat-sifat cahaya.
Analisis Kebutuhan Chemistry Games (CGs) pada Pembelajaran Kimia di SMA/MA Kota Pekanbaru Ira Mahartika; Neti Afrianis; Nofri Yuhelman
Journal of Natural Science and Integration Vol 3, No 1 (2020): JNSI
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24014/jnsi.v3i1.9347

Abstract

ABSTRACT.This study aimed to comprehend the initial needs of chemistry games (CGs) media through field observation at Senior high schools in Pekanbaru. The data was processed quantitatively and used to determine the type of game that requires further development. This quantitative descriptive research used questionnaires and interviews for collecting data and used purposive sampling as a sampling technique. The number of respondents is 18 teachers and 140 students from 7 Senior high schools in Pekanbaru. The results showed: 1) The needs of learning media generally varies at each school; 42,86% needs an electronic-based chemistry games media and 57,14% needs both non-electronic and electronic-based chemistry games media, 2) Students demanded an instructional media that educational, interactive, exciting and fun, with a game form, 3) Teachers overwhelmed making an instructional teaching media. Keywords : Need Assessment, Instructional Media of Chemistry, Chemistry Game  ABSTRAK.Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data kebutuhan media permainan kimia secara real melalui pengamatan dilapangan yang dilakukan pada SMA/MA di Kota Pekanbaru. Data yang didapatkan kemudian diolah secara kuantitatif dan digunakan sebagai pertimbangan untuk menentukan jenis permainan yang akan dikembangkan lebih lanjut. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data yaitu melalui angket dan wawancara.  Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling sehingga didapatkan 7 sekolah SMA/MA di Kota Pekanbaru yang dijadikan sebagai sampel penelitian dengan jumlah guru sebanyak 18 orang dan siswa 140 orang. Temuan utama pada penelitian ini yaitu : 1) Kebutuhan media pembelajaran pada umumnya bervariasi pada setiap sekolah, 2) Siswa sangat menginginkan media pembelajaran yang edukatif, interaktif, menarik dan tidak membosankan yaitu salah satunya dengan sebuah permainan, 3) Guru memiliki keterbatasan waktu dalam membuat media pembelajaran. Kata Kunci : analisis kebutuhan, media pembelajaran kimia, permainan kimia
Desain dan Uji Coba LKPD Interaktif dengan Pendekatan Scaffolding pada Materi Hidrolisis Garam Novi Indri Ani; Lazulva Lazulva
Journal of Natural Science and Integration Vol 3, No 1 (2020): JNSI
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (962.051 KB) | DOI: 10.24014/jnsi.v3i1.9161

Abstract

Pemanfaatan teknologi dan media yang digunakan dalam proses belajar mengajar masih kurang bervariasi sehingga dibutuhkan suatu media LKPD interaktif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendesain media LKPD interaktif berbantuan software Ispring Suite 8 dengan pendekatan Scaffolding pada materi hidrolisis garam yang valid berdasarkan validitas ahli materi, ahli media, uji praktikalitas guru dan siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan Borg and Gall yang meliputi tahapan penelitian dan pengumpulan informasi, perencanaan, pengembangan bentuk awal produk,  uji lapangan awal, revisi produk. Uji lapangan awal dilakukan di SMA Negeri 1 Pekanbaru terhadap peserta didik kelas XII IPA. Hasil validasi ahli media dan ahli materi diperoleh nilai sebesar 92,5% dengan kriteria sangat valid. Uji praktikalitas guru mendapatkan hasil sebesar 88,75% dengan kategori sangat praktis, dan uji praktikalitas peserta didik mendapatkan hasil sebesar 90,45% dengan kategori sangat praktis.
Pengembangan Multimedia Pembelajaran Pada Materi Bioteknologi Menggunakan Program Autoplay Primadya Anantyarta; Fatikhatun Nikmatus Sholihah
Journal of Natural Science and Integration Vol 3, No 1 (2020): JNSI
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1108.395 KB) | DOI: 10.24014/jnsi.v3i1.9036

Abstract

Multimedia sebagai salah satu media sangat penting digunakan sebagai inventaris media dalam pembelajaran. Pengembangan multimedia dengan menggunakan program bernama Autoplay ini sangat membantu baik guru maupun dosen dalam mewadahi materi yang salah satunya adalah Bioteknologi. Metode dalam mengembangkan multimedia ini memiliki 5 tahap yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Namun dalam pengembangan dapat dilaksanakan terlebih dahulu sampai tahap ke 3. Pasca mengembangkan produk multimedia, validasi dilakukan oleh ahli materi bioteknologi dan ahli media pembelajaran pada multimedia tersebut untuk dianalisis dan diambil kesimpulan validitas produk. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan suatu media pembelajaran berbasis teknologi informasi yang menghindari penggunaan kertas dalam penggunaannya dan sesuai era digital 4.0. Hasil validasi multimedia ini oleh ahli materi Bioteknologi mendapatkan nilai 75% dengan kriteria valid dan dapat digunakan dengan sedikit revisi pada validasi tahap pertama, serta mendapatkan nilai 90,62% dengan kriteria sangat valid dan dapat digunakan tanpa revisi pada validasi kedua. Hasil validasi media pembelajaran mendapatkan nilai 94,4% dengan kriteria sangat valid dan dapat digunakan dengan sedikit revisi.
Pengaruh Penggunaan Mind Map Terhadap Pemahaman Konsep Stoikiometri Andi Suhardi; Laily Yunita Susanti; Susilawati Susilawati
Journal of Natural Science and Integration Vol 3, No 1 (2020): JNSI
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (225.969 KB) | DOI: 10.24014/jnsi.v3i1.9122

Abstract

Penelitian ini menguji pengaruh penggunaan mind map terhadap pemahaman konsep stoikiometri mahasiswa pada mata kuliah kimia dasar. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan menggunakan rancangan nonequivalent pretest-posttest control group design. Subjek penelitian terdiri atas 80 mahasiswa. Instrumen penelitian berupa instrumen tes untuk mengukur kemampuan pemahaman konsep stoikiometri mahasiswa pada mata kuliah kimia dasar. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata pemahaman konsep stoikiometri mahasiswa yang belajar menggunakan mind map sebesar 85,50 lebih besar daripada nilai rata-rata pemahaman konsep stoikiometri mahasiswa yang belajar menggunakan ceramah dengan nilai 80,35. Hal ini menunjukkan bahwa pemahaman konsep stoikiometri mahasiswa yang belajar menggunakan media mind map lebih tinggi dibandingkan mahasiswa yang belajar dengan ceramah. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan mind map lebih efektif dibandingkan metode ceramah terhadap kemampuan pemahaman konsep stoikiometri mahasiswa
Efektivitas Lesson Design Berbasis Hypothetical Learning Trajectory dalam Pembelajaran Faktor yang Mempengaruhi Laju Reaksi Wiwik Kartika Sari; Ella Izzatin Nada
Journal of Natural Science and Integration Vol 3, No 1 (2020): JNSI
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (187.522 KB) | DOI: 10.24014/jnsi.v3i1.9379

Abstract

Perencanaan pembelajaran merupakan aspek penting untuk menciptakan pembelajaran yang berkualitas. Kualitas pembelajaran dapat ditinaju dari dialog dan aktivitas yang terjadi di kelas. Dialog yang efektif akan terjadi ketika interaksi antara guru dan siswa dapat secara kritis menginterogasi topik pelajaran, mengekspresikan dan mendengarkan banyak sudut pandang, serta menciptakan proses pembelajaran yang berpusat pada siswa. Dialog yang efektif adalah dialog yang responnnya terantisipasi sehingga tujuan pembelajaran tercapai. Prediksi dan antisipasi respon dapat disusun dalam suatu lintasan pembelajaran yang biasa disebut hypothetical learning trajectory. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis prediksi respon siswa dan antisipasi respon dalam lesson design dengan respon siswa saat proses pembelajaran serta untuk mengetahui kecenderungan aktivitas pembelajaran. Metode dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan sampel sebanyak 32 siswa kelas XI. Materi pada penelitian ini adalah faktor yang mempengaruhi laju reaksi. Proses pembelajaran direkam dan ditranskrip, dialog selama proses pembelajaran dianalisis kesesuaiannya dengan prediksi respon siswa dan antisipasi respon yang ada dalam lesson design. Hasil analisis menunjukan bahwa 16%  prediksi respon siswa tidak muncul, 21% respon siswa diluar prediksi dan 63% respon sesuai dengan prediksi respon yang telah disiapkan serta kecenderungan aktivitas selama proses pembelajaran menunjukan pembelajaran berpusat pada siswa. Melalui penelitian ini, dapat diketahui bahwa tugas – tugas yang dikembangkan guru, pertanyaan dan umpan balik yang diberikan atas respon siswa mempengaruhi kedalaman dan keluasan pemikiran siswa.
Meta-Analisis Pengaruh Penerapan Pendekatan Saintifik Berbantuan Komik terhadap Hasil Belajar IPA Siswa SMP Jannatul Aulia; Niki Dian Permana P; Zarkasih Zarkasih; Theresia Lidya Nova
Journal of Natural Science and Integration Vol 3, No 1 (2020): JNSI
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (183.319 KB) | DOI: 10.24014/jnsi.v3i1.9617

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk melakukan studi analisis tentang pengaruh penerapan pendekatan saintifik berbantuan media komik terhadap hasil belajar IPA pada siswa SMP. Penelitian ini menggunakan metode meta-analisis. Meta-analisis  merupakan hasil analisis dari artikel-artikel dari jurnal nasional yang sudah terakreditasi pada sinta 1 hingga sinta 4 yang memiliki topik kajian berkaitan dengan pendekatan saintifik dan media komik dalam pembelajaran IPA sebanyak 15 artikel jurnal. Berdasarkan hasil analisis data didapatkan hasil bahwa penerapan pendekatan saintifik berbantuan media komik dapat meningkatkan hasil belajar, keterampilan berpikir ilmiah, meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa dan efektif meningkatkan literasi sains siswa.
A New Way to Promote Islamization of Science: I-SETS Design for Pre-Service Science Teachers Muhamad Imaduddin
Journal of Natural Science and Integration Vol 3, No 1 (2020): JNSI
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (312.728 KB) | DOI: 10.24014/jnsi.v3i1.8774

Abstract

The development of science, especially natural science apart from religion ultimately raises a theological problem. The intersection between science and religion is contained in the National Curriculum respecting religious attitudes. Educators are expected to present meaningful integrated science to equip learners with skills to participate fully in society. This study aims to design an I-SETS (Islamic-Science, Environment, Technology, and Society) integrated learning for pre-service science teachers. The literature study was used in studying western and Islamic science, Golshani’s Islamization of science paradigm and I-SETS vision. The design is based on learning levels: I-SETS foundation, I-SETS issues awareness, I-SETS issues investigation, and action skills development. This design is expected to be an alternative raw model that will be applied by pre-service science teachers at various levels.
Profil Kemampuan Literasi Sains Siswa SMP Islam As-Shofa Kota Pekanbaru Berdasarkan PISA M. Syahrum Sujudi; Tengku Idris; Suryanti S; Peny Husna Handayani
Journal of Natural Science and Integration Vol 3, No 1 (2020): JNSI
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (412.138 KB) | DOI: 10.24014/jnsi.v3i1.9023

Abstract

Penelitian ini bertujuan memperoleh gambaran kemampuan literasi sains siswa SMP Islam As-Shofa Kota Pekanbaru berdasarkan The Programme Internasional Student Assessment (PISA) pada konten Biologi. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Instrumen yang digunakan adalah soal literasi sains berdasarkan PISA 2009. Penelitian ini dilaksanakan bulan April  2019. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IX SMP Islam As-Shofa Kota Pekanbaru dengan teknik pengambilan sampel dengan mengggunakan propotional strtified sampling sehingga sampel dikelompokan berdasarkan tingkat kemampuan akademik tinggi, sedang dan rendah dengan jumlah sampel sebanyak 135 siswa. Hasil penelitian menunjukan kemampuan literasi sains siswa SMP Islam as-Shofa Kota Pekanbaru kategori rendah dengan persentase 56,86%. Kemampuan berdasarkan kompetensi mengidentifiksi masalah kategori rendah dengan persentase 56,43%, kompetensi menjelaskan fenomena secara ilmiah kategori rendah dengan persentase 54,43% dan kompetensi menggunakan bukti ilmiah kategori rendah dengan persentase 59,71%. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahawa siswa SMP Islam As-Shofa Kota Pekanbaru memiliki kemampuan literasi sains rendah

Page 1 of 1 | Total Record : 10